Ngangkring ala DKV’ Raih Award di Pinasthika AdFest 2004
Setelah berkali-kali kegiatan festival iklan dilangsungkan di Jakarta dengan nama Citra Pariwara, kini giliran Jogjakarta menyelenggarakan kegiatan serupa dengan nama Pinasthika AdFest, sebuah acara pemilihan iklan produksi daerah terbaik dengan berbagai kategori misalnya kategori iklan cetak, iklan radio, luar ruang, web desain, dan lain-lain.
Tema yang diusung Pinasthika AdFest adalah ‘Show Up’ merupakan implementasi dari otonomi daerah khususnya biro iklan lokal dalam menunjukkan kreativitas terhadap produk-produk pariwara daerah tersebut. Pinasthika AdFest juga menunjukkan kepada jagad periklanan, bahwa kreativitas bukan hanya milik orang-orang Jakarta saja, dan melalui ajang ini membuka wacana baru kebangkitan industri periklanan dan komunikasi visual daerah.
Salah satu kriteria pada Pinasthika AdFest adalah Company Profile, yang merupakan ajang adu kreatif identitas korporat suatu badan usaha atau sosial. Salah satu pesertanya adalah Jurusan DKV Petra dengan company profile bertema ‘Ngangkring ala DKV’. Ngangkring (bahasa Jawa) artinya nongkrong di warung kaki lima, lengkap dengan bangku panjang, duduk dengan kaki yang diangkat satu, gaya makan ‘warungan’ tanpa sendok beralaskan daun pisang komplit dengan air kendi dan ilustrasi pendekar persilatan ala komik silat Indonesia lalu. Tema ini sempat menghebohkan, sebab gaya visualisasi demikian tidak lazim ditemui pada buku katalog, poster, pembatas buku, kartu pos resmi di jurusan maupun fakultas seantero UK Petra. Jurusan Desain Komunikasi Visual sebagai garda depan kreativitas baik sebagai keilmuan desain maupun dalam tataran aplikasi merasa tertantang untuk menciptakan bentuk-bentuk demikian. Visualisasi ‘Ngangkring ala DKV’ komplit dengan pendekar dan pasar rakyat ala komik Indonesia lalu pada identitas korporat DKV tahun 2004 adalah salah satu dari rangkaian tema yang telah dipilih Jurusan DKV sejak 2002 lalu. Setelah tema Digital Era, tema Retro lalu Psychedelic Art, kini gaya komik Indonesia. Visualisasi company profile oleh Petak Umpet ini hasil supervisi ide Obed Bima W, S.Sn dan Deddi Duto H., S.Sn yang merupakan staf edukatif Jurusan DKV.
Tujuannya mengilhami khususnya mahasiswa baru agar mempunyai pemahaman bahwa menempuh pendidikan di UK Petra adalah proses untuk menjadikannya pendekar DKV yang sakti mandraguna. Sedangkan berkarir di bisnis komunikasi visual kelak penuh liku-liku, intrik, perjuangan dan tantangan bagai di rimba persilatan. Sedangkan bagi sivitas akademika UK Petra, Ngangkring ala DKV menjadi wacana baru sebuah identitas korporat tidak harus konservatif dan kaku, namun luwes dan kreatif asal tidak keluar dari konteks garis kebijakan Universitas.
Sabtu, 06 Desember 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar